Activity

  • Chase Offersen posted an update 5 years, 7 months ago

    Haji adalah kewajiban tiap umat Islam. Dalam rukun Islam yang kelima juga diceritakan bahwa haji hukumnya patut. Namun mengingat proses ibadah haji ialah di kota Mekah Arab Saudi, maka di belakang kata patut hal yang demikian diberikan tambahan haji patut aturannya bagi yang cakap. Seorang haji Indonesia tentu memerlukan biaya yang besar untuk dapat pergi ke tanah suci. Belum lagi oleh-oleh haji yang pasti harus dibeli.

    Haji bagi warga Indonesia yakni seperti hal yang sungguh-sungguh istimewa. Istiadat di Indonesia sendiri, seorang yang berangkat haji, nantinya akan diperlakukan istimewa. Banyak orang yang bertamu untuk sekadar bersilaturahmi dan mendoakan. Sesudah pulang dari tanah suci, para tetangga juga nantinya akan kembali lagi berkunjung ke rumah untuk menanyakan isu setelah beribadah. Oleh sebab itu, oleh-oleh haji memiliki peranan penting dikala seseorang dapat naik haji.

    Ibarat Anda ketika pergi jalan-jalan ke suatu tempa, tentu memberikan oleh-oleh untuk teman, saudara maupun kerabat. Oleh-oleh tersebut tentunya sebagai kenang-kenangan. Seperti malah dengan oleh-oleh setelah pergi haji. Apalagi, Mekah merupakan tanah suci dimana setiap orang amat mengidam-idamkan bisa menginjakkan kaki disana. Tentu mereka akan senang kalau dapat menikmati oleh-oleh khas dari tanah suci tersebut.

    Oleh-oleh dari tanah suci yang paling utama dan semestinya tata tertibnya adalah air zam-zam. Air zam-zam merupakan mukjizat yang dikasih terhadap Nabi Ismail. Anda mungkin sudah mengerti betul sejarahnya. Air ini diandalkan mempunyai banyak manfaat. Selain itu, disunahkan pula para jamaah haji untuk membawa pulang air zam-zam ini.

    Oleh-oleh kedua yang juga mesti dibeli yaitu buah kurma. Sedangkan di Indonesia banyak sekali buah kurma, tentu berbeda dengan kurma asli dari Mekah, Arab. Memakan kurma sama saja Anda menjalankan sunnah rasul. Kecuali itu, kurma juga rupanya memiliki kandungan nutrisi yang sungguh-sungguh bagus bagi kesehatan.

    jual Air Zam Zam -oleh haji selanjutnya yang tak boleh tertinggal adalah tasbih. Tasbih yakni benda yang dipakai saat berzikir. Tasbih ini tidak mempunyai harga yang terlalu mahal, sehingga sesuai dipakai sebagai cendera mata untuk tetangga, teman ataupun saudara.