Activity

  • Cabrera Hald posted an update 5 years, 2 months ago

    Denny Januar Ali atau lebih ering diketahui dengan nama Denny JA yaitu seorang konsultan politik serta tokoh media sosial. Beliau betul-betul aktif di dunia maya dan banyak menulis dengan bahasan seputar sosial dan politik Indonesia. Selain itu beliau juga mendirikan sebuah institusi survei yang diberi nama dengan LSI (Lingkaran Survei Indonesia).

    Baru-baru ini LSI

    Denny JA merilis sebuah hasil survei seputar ulama yang mempunyai imbas elektoral. Selain itu, ranking ulama ini juga dibuat menurut besarnya pengaruh ulama tersebut sehingga imbauannya dicontoh oleh masyarakat luas. Berikut urutan ulamanya ialah Ustaz Abdul Somad, kemudian Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), lalu yang terakhir dan sempat booming di tahun 2018 ialah Habib Rizieq.

    LSI juga mengucapkan bahwa masyarakat kita masih lebih banyak memperdengarkan imbauan dari ulama dibandingkan memperdengarkan dari tokoh lain atau pekerjaan lain. hasil dari survei LSI juga menyatakan bahwa data yang didapat dari hasil pertanyaan ‘manakah tokoh yang Bapak/Ibu paling didengar imbauannya?’ dari pertanyaan tersebut mayoritas menjawab sebanyak 51,7% adalah tokoh agama.

    Survei yang dijalankan pada 10-19 Oktober 2018 ini menerapkan metode multistage random sampling yang mengajak 1200 responden untuk melaksanakan wawancara serta mengisi informasi lapangan. Meskipun LSI juga mengucapkan bahwa margin of error cuma sebesar 2,8% saja.

    Ulama atau seorang tokoh agama banyak dipilih sebagai yang paling banyak didengar imbauannya sebab identitas keilmuan yang bisa diciptakan referensi publik dalam memilih sesuatu, apalagi di bidang sosial dan politik. LSI juga mencatat tingkat popularitas serta kriteria ulama yang mendapat imbas yang tinggi di masyarakat.

    Kelima tokoh agama inilah yang nantinya akan mempengaruhi kedua pasangan calon presiden. LSI Denny JA mengemukakan juga bahwa ada tokoh diluar kelima ulama tersebut yang juga mempunyai kepopularitasan yang tinggi, tetapi tidak mempengaruhi pemilih pada pemilihan presiden 2019 merupakan Amien Rais. Sebanyak 83,1% banyak yang mengenal sosok Amien Rais, melainkan hanya sedikit saja yang akan mendengar imbauan beliau ialah sekitar 9,4% saja.