Activity

  • Kruse Johnson posted an update 5 years, 4 months ago

    Tiap bangsa pasti mempunyai sejarahnya tersendiri untuk berbagai tipe cara yang sedang berjalan pada saat ini seperti yang terjadi di Indonesia. Salah satu hal yang sepatutnya menjadi perhatian kita ialah mengenai sejarah demokrasi Indonesia. Dengan mengetahui sejarah tersebut tentu kita dapat mengetahui perjalanan demokrasi Indonesia sampai dikala ini.

    Sejarah mengenai demokrasi ini terbagi menjadi empat jangka waktu dan jangka waktu pertama yaitu pada tahun 1945-1959. Pada jangka waktu hal yang demikian umum kita ketahui dengan Demokrasi Parlementer yang mana demokrasi ini berjalan sesudah kemerdekaan. Namun seiring berjalannya waktu cara yang satu ini tak cakap berjalan baik di Indonesia karena kita kurang sanggup dalam menjalankan demokrasi ala barat ini.

    Kemudian periode kedua dalam sejarah demokrasi Indonesia terjadi pada tahun 1959-1965 yang kita ketahui dengan nama Demokrasi Terpimpin.

    Sejarah singkat waktu ini ditandai dengan adanya dominasi kekuasaan dari presiden dan adanya dampak komunis. Puncak dari problem periode ini merupakan pengangkatan Soekarno menjadi seorang presiden seumur hidup yang menimbulkan berjenis-jenis ragam problem sehingga demokrasi ini wajib berakhir pada tahun 1965.

    Demokrasi jangka waktu ketiga ini berlangsung cukup lama ialah mulai dari tahun 1965-1998 di bawah kepemimpinan Soeharto dan lebih diketahui dengan sebutan Orde Baru dengan mengaplikasikan Demokrasi Pancasila. Melainkan dalam cara kerja demokrasi ini betul-betul disayangkan jauh dari poin-poin Pancasila yang harusnya digunakan dalam demokrasi hal yang demikian. Bahkan dalam progres demokrasi hal yang demikian poin-nilai demokrasi yang harusnya disuarakan menjadi tak ada dalam pengerjaannya dan cuma sebagai wujud formalitas saja.

    Kemudian pada periode keempat ialah sesudah era orde baru sampai dikala ini atau yang biasa disebut dengan era reformasi. Pada periode ini masyarakat lebih menuntut adanya pengerjaan demokrasi dan juga adanya HAM yang berjalan secara konsekuen sehingga tak merugikan masyarakat lagi seperti pada era orde baru. Jadi itulah sedikit informasi mengenai sejarah demokrasi Indonesia secara singkat. Semoga saja demokrasi yang sedang berjalan ketika ini sudah lebih baik sehingga sama-sama menguntungkan bagus bagi pemerintah ataupun kita sebagai masyarakat.