Activity

  • Morris Tarp posted an update 6 months, 2 weeks ago

    Kemajuan zaman memiliki dampak negatif yang cukup buntal bagi variasi bidang, salah-satunya adalah hikayat.

    Pantun Teka Teki untuk Anak Lucu Sekali hikayat yang dulu sangat banyak digunakan menjadi bertambah berkurang peminatnya. Salah satu karya sastra unik yang mulai hening penggemarnya yakni pantun. Siap cukup banyak pantun teka-teki untuk budak lucu sekaligus tapi masa ini sudah mulai dari pudar. Pantun merupakan 1 buah sastra terbatas Melayu yang memiliki ciri khas yang eksentrik dengan sajak maupun puisi.

    Pantun merupakan sastra yang berjumlah empat baris serta bersajak a-b-a-b. Berbeda beserta syair yang walaupun mempunyai baris yang serupa, dan bersajak a-a-a-a. Isi dari puisi lama maupun syair juga bertentangan. Dalam satu buah syair, keempat baris ityu merupakan isi. Namun, dalam pantun, keempat baris mereka terbagi menjadi dua seksi yaitu sesi sampiran dan bagian tajuk.

    Dalam satu buah pantun, ahad baris mempunyai kisaran delapan sampai 12 suku kata. Dalam puisi lama teka-teki bagi anak menggelikan sekali, tersembunyi beberapa taktik yang demi diperhatikan. Hal-hal tersebut merupakan penggunaan pertuturan yang kudu layak, mesti, pantas, patut, perlu, wajar, wajib, disesuaikan olehkarena itu ditujukan dalam anak-anak jadi bahasa yang dipakai gak terlalu ‘tinggi’. Selain itu, kata-kata di pantun bertemperamen mendidik sekali lalu menghibur anak-anak.

    Contoh dr pantun teka-teki lucu ialah sebagai lalu.

    Pantun 1

    Terang benderang cahaya kalendar

    Tak mau kalah cerah bintang

    Lihatlah dia si raja hutan

    Suka kemana dia menyerang?

    Pantun 2

    Cerah pagi hiasi dahan

    Waktunya untuk menggarap ladang

    Hai kawan, silakan main tebakan

    Hewan segalanya yang senang terbang?

    Dr contoh pantun tersebut dapat dilihat sebenarnya bahasa yang digunakan amat mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan oleh pantun berikut, maka diharapkan anak-anak mampu lebih penggemar sastra. Makin kini pantun semakin temaram ditelan secara perkembangan abad digital. Tatkala mana mayoritas anak lebih memilih tampil game dari berpantun.

    Bagi itu, dalam sekaligus menajamkan kecerdasan pentolan anak, diperlukan belajar puisi lama teka-teki budak lucu sungguh yang bisa membuat kesinambungan pantun tertutup. Bagi Dikau yang mengarungi anak kuntet, usahakan untuk menanamkan sastra-sastra baik sedari kecil. Harapannya adalah dalam menjaga tulisan tetap terselip dan tidak termakan sambil waktu.