Activity

  • Krause Cochran posted an update 4 years, 3 months ago

    Pada Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat ke 143 ada istilah Ummatan Wasatan yang saat ini banyak menarik perhatian masyarakat. Di tengah banyak perselisihan yang ada di dalam masyarakat terutama banyak terjadi konflik berkedok agama. Banyak yang mengacu bahwa umat Islam patut dapat menjadi umat yang diceritakan dalam surat tersebut.

    Sebenarnya apakah yang dimaksud umat dalam surat Al-Baqarah hal yang demikian? Yuk Kita simak penjelasan singkatnya berikut ini. Wasatan sendiri artinya yakni sepadan antara kanan dan kiri atau bisa juga diistilahkan jalan tengah. Meski menurut istilah artinya yaitu umat yang memiliki pola pikir, sikap dan perilaku yang lebih moderat, lebih proporsional dan adil.

    Dalam artian hakekatnya Ummatan Wasatan yakni sebuah umat yang memiliki keseimbangan antara kepentingan duniawi dan ukhrawi, kepentingan materi dan spiritual, ketuhanan dan kemanusiaan, realisme dan idealisme serta masa lalu dan masa depan dalam berpikir serta bersikap.

    Sudah ini juga bisa dipahami bahwa umat Islam itu sepatutnya bisa berdaya upaya serta bersikap adil dan berimbang dalam tiap-tiap persoalan ataupun kehidupan sehari-harinya. Bahwa antara ilmu dan amal, juga antara teori dan praktiknya seharusnya dilaksanakan layak dengan proporsinya masing-masing.

    Umat ini juga yaitu sebuah umat yang dapat menerima adanya perbedaan. Artinya bukan tipe umat yang mempunyai paham agama yang ekstrem baik kanan ataupun kiri.
    ummatanwasatan.net ini adalah ragam umat yang memang hidup di zaman modern seperti kini ini. Dimana terjadi banyak perbedaan anggapan serta prinsip. Mereka semestinya bisa menjadi penengah dalam menangani tiap-tiap dilema yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dengan adil dan seimbang serta pantas dengan syariat Islam dalam Al-Qur’an.

    Ciri-ciri dari umat ini ada banyak yang dapat dikenali. Diantaranya yaitu menjadi umat yang bisa hidup berdampingan dan toleran dengan umat beragama lainnya. Meskipun menjadi satu momen yang umum terjadi terutamanya di Indonesia dikala terjadi pertumpahan darah antar suku atau antar agama hanya sebab hal remeh. Saat jikalau mencontoh nasehat kehidupan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW wajib mereka dapat hidup berdampingan dengan aman dan tenteram.

    Ciri lainnya yakni memiliki sikap di tengah-tengah, mengambil yang terbaik, adil, sepadan dan juga penuh toleransi. Walaupun dihadapkan pada suatu situasi sulit, umat ini akan menetapkan jalan keluar yang jikalau terbaik, pantas syariat Islam dalam Al-Qur’an dan tidak memihak ekstrem kanan ataupun kiri. Mereka akan menimbang mana yang lebih banyak kemaslahatan untuk umat ketimbang madharatnya.

    Umat ini juga tidak mempunyai sikap memihak atau ekstrim kanan ataupun kiri. dalam hal ibadah sekalipun. Mereka akan beribadah layak dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW Dan memakai contoh yang baik dalam masyarakat luas. Itulah sekilas info seputar Ummatan Wasatan yang tercantum di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh.