Activity

  • Rogers Lynge posted an update 4 years, 5 months ago

    Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Permainan yang diisi sebelas orang ini berhasil menarik observasi segala lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pejabat hingga masyarakat lazim, si kecil-si kecil hingga orang tua, pria ataupun wanita seluruh tahu perihal permainan ini. Hal tersebut tidak mengherankan jika tiap perlombaan sepak bola selalu ramai dihadiri para supporter yang datang khusus untuk mendukung tim kebanggaan mereka. Salah satu tim kesebelasan yang memiliki banyak pensupport yaitu kesebelasan asal Jakarta atau Persija. Mereka awam menyebut penyokongnya dengan nama
    The Jakmania .

    Sebagai mana diceritakan sebelumnya bahwa The Jakmania merupakan supporter bola dari kesebelasan Persija. Kumpulan pensupport ini terkenal kompak dan solid. Dalam beragam kesempatan mereka kelihatan memadati tribune walau laga dilaksanakan di luar kota Jakarta. Keberadaan mereka seakan menjadi nafas sendiri bagi pemain-pemain Persija, sebab adanya mereka bisa menambah semangat para pemain untuk segera menuntaskan perlombaan dengan poin yang memuaskan.

    Penunjang ialah komponen dari pertandingan. Tanpa adanya pensupport yang bersorak-sorak di tribune penonton, laga akan terasa sepi dan tidak berwarna. The Jak seakan pewarna di tribune tiap Persija menjalankan lomba, baik di dalam ataupun luar kota. Pakaian orange pujian dan nyanyian-nyanyian penuh semangat membikin perlombaan kian terasa hangat dan menyenangkan. Lomba berlangsung dengan penuh motivasi akan lebih menyenangkan untuk dinikmati.

    Adanya supporter membikin perlombaan menjadi lebih menarik dengan yel-yel dan jargon-jargon andalan yang tidak henti dilantunkan selama pertandingan berlangsung. Tak dikesampingkan selain menambah semangat, absensi para supporter juga dapat membuat lawan menjadi ciut nyali. Sekiranya supporter yang hadir banyak dan ramai, tentu saja akan memberi pengaruh mental dari sang lawan. Bila lawan tidak siap, maka akan betul-betul gampang mengalami down sehingga dalam melakukan pertandingan menjadi tak optimal.

    Mengamati semacam itu pentingnya ketidakhadiran supporter tak jarang para pengurus kesebelasan memberikan perhatian khusus terhadap para supporter, seperti itu pula dengan pemainnya yang tak jarang memberikan fans sevice kepada pendorongnya. Perhatian dari semua pihak kepada supporter tentu akan membawa pengaruh bagus bagi semua pihak. Pemain akan diuntungkan karena akan menerima penyokong yang solid dan loyal, meskipun bagi pelaksana kehadiran supporter seperti The Jakmania tentu akan memberikan keuntungan finansial yang tinggi.