Activity

  • Mason Pruitt posted an update 5 years, 5 months ago

    Candi Borobudur ialah salah satu warisan sejarah di Indonesia yang kini menjadi salah satu daerah tamasya favorit di kota Jogja. Bukan cuma sebagai destinasi tamasya religi saja, tetapi keunikan yang dimiliki oleh candi ini memang menjadi kekuatan tarik tersendiri. Tidak heran sekiranya tiap-tiap harinya pengunjung candi ini ada banyak terdiri dari pelancong asing dan dalam negeri.

    Candi ini konon pernah terbenam di dalam debu vulkanik hingga kemudian ditemukan kembali oleh para arkeolog. Kecuali itu fakta bahwa candi ini dibangun dengan cara bunga teratai juga terbongkar karena terbukti candi ini dibangun di atas sebuah danau.

    Keunikan yang pertama dari candi Borobudur yakni dengan adanya fakta misteri angka satu yang terdapat di dalamnya. Ditemukan kenyataan bahwa jumlah tingkatan tangga ada 10 tiap-tiap lantainya yang menunjukkan angka satu jika dijumlahkan. Selain itu jumlah patung yang ada di Arupadatu dan jumlah segala patung di candi menonjolkan hasil akhir yakni angka 1.

    wisata candi borobudur ini memperlihatkan satu filosofi tersendiri dimana yang menjadi poros kehidupan hanyalah Maha Kuasa Ilahi Esa.

    Keunikan yang kedua adalah dimana candi ini menyimpan estetika relief yang paling lengkap di semua dunia. Hal ini memang telah diakui oleh UNESCO sendiri yang mana menyatakan bahwa relief di candi ini yakni peninggalan relief sejarah terlengkap yang ada di dunia ini.

    Perlu dikenal bahwa candi ini dilengkapi dengan relief sebanyak 2672 buah. Ilahi bila Anda memrentangkannya akan menjadi jalanan sepanjang 6 kilometer panjangnya. Dan pemahatan dijalankan dengan keahlian yang tinggi sehingga dapat membikin candi tanpa membutuhkan perekat atau semen sebagai penyambungnya. Tentunya ini sejarah hebat dalam dunia arsitek sebab sampai dikala ini candi dapat berdiri tegak dan kokoh padahal tanpa mengaplikasikan bahan bangunan tertentu. Anda ingin membaca relief yang ada di dinding candi maka Anda dapat mengerjakannya dengan membaca searah dengan jarum jam.

    Itulah sebagian keunikan yang dimiliki oleh candi Borobudur yang hingga dikala ini masih menjadi kekuatan tarik tersendiri di kota Jogja. Berkunjung ke kota Jogja akan terasa belum lengkap seandainya Anda belum mengamati seketika karya seni yang mengandung faktor budaya, agama dan sejarah ini.