Activity

  • Johnsen Cantu posted an update 4 years, 5 months ago

    Cara Jitu Mengobati Ayam Turun Urat

    Turun urat adalah salah satu permasalahan pada
    sabung ayam bangkok yang cukup mengkhawatirkan dan membutuhkan perawatan yang cepat. Turun urat bisa mengganggu pergerakan ayam sehingga membuat gerakan ayam terbatas ketika bertarun. Faktor yang menyebabkan ayam aduan turun urat ada dua yaitu ayam bangkok dipaksa tarung pada umur yang masih muda dan karena mengalami benturan yang cukup keras. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang penyebab dan cara menyembuhkan ayam aduan yang sedang turun urat dengan mudah, Silahkan untuk disimak!

    Cara Mengobati Ayam Turun Urat

    Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa turun urat terjadi akibat 2 faktor. Penyebab yang pelng sering menimpa ayam aduan adalah karena ayam dipaksa tarung ketika berumur masih dangat muda atau karena ditarunkan dengan lawan yang lebih tua.

    Perlu dipahami bahwa ayam yang masih mudah struktur tulang dan ototnya masih belum maksimal, sehingga akan membuat struktur geraknya menjadi terganggu. Tetapi, biasanya cara mengobati ayam turun urat akibat ini lebh mudah daripada dengan pengobatan turun urat yang disebabkan oleh benturan.

    Selain karena dipaksa tarung saat usia muda, ayam juga bisa mnegalami turun urat karena mengalami benturan yang cukup keras. Tidak hany ayam muda, ayam tua pun juga bisa terkena turun urat akibat benturan setelah bertarng. Turun uat biasanya terjadi akibat benturan yang terlalu keras. Benturan ini disebabkan oleh terkena pkulan lawan ataupun kesalahan dalam memukul lawan.

    Ciri – ciri ayam bangkok yang sedang mengalami turun urat yaitu kaki ayam terasa panas setelah menyelesaikan pertandingan, ayam sering mengankat sebelah kakinya, ketika berjalan ia terlihat pincang dan tidak akan mau bertumpu pada kaki yang sedang sakit turun urat.

    Obat Ayam Aduan Turun Urat

    Untuk menyembukan ayam aduan turun urat, anda bisa coba melakukan beberapa perawatan. Namun, cara mengobati ayam turun urat yang pernah dilakukan oleh seorang botoh tua sudah terbukti berhasil dengan melakukan teknik perawatn yang berkesinambungan. Maksudnya perawatan ini dilakukan secara berkelanjutan dengan menggunakan obat alami sebagai obat luar dan menggunakan obat warung sebagai obat dalam. Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan cara mengobati dibawah ini:

    – Setiap hari kaki ayam yang sakit diperban dengan kain kas. Didalam kain tempelkan tmbukan serai tepat pada kaki ayam yang sedang turun urat, daun serai merupakan obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan turun urat pada ayam.

    – Kaki ayam yang sedang turun urat harus dibalut. Dan usahakan kakinya masih bisa menyentuh tanah. Sebaiknya balutan tersebut diganti setiap hari, dan ketika akan menganti daun serai, sebaiknya kaki ayam direndam dengan air es selama beberpaa menit, kemudian bungkus lagi seperti semula.

    Demikianah cara mengobati ayam aduan yang sednaga turun urat yang bisa anda praktekan dirumah, perlu dicaat, bahwa untuk mengatasi permasalahan ini
    sabung ayam perlu istirahat yang total. Pada jam 09.00 biaran ayam istiraht didalam kandangnya, dan berikan air minum yang cukup. Setelah 4 hari perawatan, umbar ayam dilingkungan yang aman dan jangan biarkan ayam loncat – loncat atau melakukan aktivitas yang berat sebelum aam benar – benar sembuh total.