Activity

  • Jain Lindgreen posted an update 5 years, 5 months ago

    Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang dialami oleh para wanita. Pada umumnya, menstruasi terjadi setiap 28-35 hari sekali. Tapi, tiap wanita akan mengalami siklus haid yang berbeda tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing. Ada sebagian wanita yang sering kali kali mengalami masalah menstruasi, seperti haid tak lancar. Tiap-tiap wanita tentunya akan merasa cemas ketika mengalami telah haid. Beberapa dokter menceritakan bahwa haid yang tak lancar secara terus menerus ialah pertanda dari suatu penyakit. Tapi, haid yang tak lancar juga dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya.

    Salah satu hal yang paling acap kali membuat wanita mengalami haid yang tak lancar adalah faktor stres. Ya, mengalami stres berlebih rupanya bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh wanita, sehingga hal ini berpengaruh pula kepada siklus haid atau menstruasi. Untuk menuntaskan haid yang tidak lancar karena faktor stres, karenanya dapat mengerjakan teknik relaksasi, rutin olahraga, dan melaksanakan kesibukan lain yang dapat menurunkan tingkat stres.

    Jika wanita yang telah memasuki usia 40 tahun mengalami haid tak lancar, maka hal ini ialah hal yang wajar. Kenapa? Pada umumnya, haid yang tak lancar merupakan salah satu ciri-ciri wanita yang akan mengalami menopause. Seperti yang kita ketahui bahwa menopause adalah suatu keadaan di mana para wanita di atas 40 tahun sudah tak mengalami menstruasi lagi. Jika menopause dini mulai terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya.

    Adanya masalah pada kelenjar tiroid juga menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan haid menjadi tak lancar. Kelenjar tiroid sendiri yakni suatu kelenjar yang bekerja untuk memegang metabolisme dalam tubuh. Bila kelenjar ini mengalami gangguan atau permasalahan, maka berjenis-jenis siklus metabolisme dalam tubuh juga turut terganggu, termasuk siklus menstruasi pada wanita. Sekiranya hal ini terjadi, pastikan bahwa Anda segera mengerjakan konsultasi dengan dokter agar dapat mendapatkan penanganan dengan bagus dan menstruasi bisa lancar kembali.

    cara memperlancar haid hal hal yang demikian yakni unsur yang dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Selain itu, ada hal lain yang kerap kali menjadi penyebab haid tak lancar, yakni merokok, gaya hidup yang tidak sehat, mengalami penyakit kronis, sindrom ovarium polikistik, berat badan menurun, obesitas, penerapan alat kontrasepsi, dan hormon prolaktin berada pada jumlah berlebih. Seandainya Anda mengalami problem haid yang tidak lancar, lantas memeriksakan diri pada dokter terdekat supaya lantas dikenal penyebabnya dan dapat ditangani dengan bagus.