Activity

  • Fallon Farmer posted an update 5 years, 2 months ago

    Bagi umat Islam beribadah ke tanah suci yakni sebuah hal yang betul-betul didambakan. Beribadah ke tanah Mekkah dalam agama Islam terdapat dua tipe yaitu Umroh dan Haji. Kedua tipe ibadah tersebut sebenarnya memiliki tata metode yang hampir sama, namun, terdapat sebagian perbedaan mendasar yang semestinya diketahui oleh tiap-tiap kaum Muslim.

    Dari segi pengertiannya, Haji merupakan ibadah yang dilakukan di tanah suci pada waktu yang telah ditentukan dan serangkaian aktivitas yang juga telah ditetapkan demi mendapatkan ridha dari Allah SWT. Ibadah Haji yang ialah salah satu dari rukun Islam menjadi sebuah indikator tentang kesempurnaan ibadah bagus secara lahir ataupun batin. Sedangkan arti Umroh sendiri merupakan ibadah yang menuntut adanya perjuangan harta. Bagi para ulama, Umroh adalah ibadah yang bersifat sunah dan cukup dijalankan sekali seumur hidup.

    rukun umroh segi tata tertib Haji dan Umroh, untuk ibadah Haji hukumnya merupakan sepatutnya. Sepatutnya disini tentunya tidak memberatkan umat Muslim. Selama mereka mampu baik secara jasmaniah maupun materi untuk melaksanakan ibadah Haji, karenanya menjadi harus hukumnya. Meski untuk ibadah Umroh, undang-undang ibadah Umroh yaitu sunah yang disarankan.

    Adapun syarat Umroh dan Haji itu sama. Untuk prasyarat keduanya yaitu orang yang akan melaksanakan ibadah Haji atau Umroh yakni beragama Islam, kemudian orang tersebut sepatutnya berakal dan baligh. Artinya, orang hal yang demikian mampu membedakan antara yang baik dan yang buruk. Kecuali itu, orang hal yang demikian juga merdeka atau tak dalam sebuah pengekangan atau sedang menjalani masa hukuman. Dan yang terakhir yakni orang hal yang demikian sanggup baik secara jasmaniah maupun materi.

    Dari segi rukun Umroh, karenanya ibadah Haji lebih memerlukan kekuatan jasmaniah yang kuat. Karena, aktivitas-kesibukan wajib yang semestinya dilaksanakan untuk kesempurnaan ibadah Haji lebih banyak seandainya diperbandingkan dengan ibadah Umroh. Untuk ibadah Haji, peserta seharusnya melakukan perjalanan dari Arafah, Mina, dan Muzdalifah. Walaupun ibadah Umroh cuma memerlukan di sekitar Ka’bah dan sekitar Masjidil Haram saja. Dengan beberapa perbedaan tersebut, tentunya Anda akan lebih mengenal seputar keutamaan ibadah Haji dan Umroh.