Activity

  • Henson Waller posted an update 5 years, 2 months ago

    Pajak ialah pungutan yang wajib dibayar masyarakat terhadap pemerintah demi kepentingan negara. Pajak yang patut dibayar masyarakat terdiri dari banyak jenis. Ada pajak kendaraan, pajak bumi, pajak harta benda dan lain sebagainya.

    pengisian spt pajak umumnya dikerjakan tiap-tiap tahun di kantor pajak tiap tempat. Tapi, kini pembayaran pajak online telah dapat dijalankan.

    Pembayaran pajak secara online mulai diberlakukan karena memperhatikan antrean pembayaran pajak yang sungguh-sungguh panjang dan membutuhkan waktu sungguh-sungguh lama. Selain itu, perkembangan teknologi sekarang juga telah mumpuni untuk memberlakukan pembayaran pajak secara online.

    Prasyarat untuk membayar pajak online yakni mempunyai id billing. Id billing ini akan berbeda-beda untuk setiap variasi pembayaran pajak. Jadi, Anda bisa memiliki sebagian id billing. Lalu bagaimana cara membuat id billing?

    Untuk membuat id billing, Anda sepatutnya memiliki aplikasi e-billing online pajak. Buka aplikasi, kemudian klik menu “tambah”. Sesudah itu, pilih macam pajak yang akan dibayarkan. Apakah pajak bangunan, tanah, dan lain-lain. Kemudian, masukkan jumlah uang yang mau Anda bayarkan. Pastikan saldo Anda mencukupi untuk membayar pajak.

    Jika saldo Anda tidak cukup, Anda sepatutnya menjalankan top up akun pajakpay. Langkah yang dikerjakan merupakan, Anda harus datang ke ATM sesuai dengan variasi ATM yang Anda miliki. Pilih menu transfer, kemudian pilih menu rekening bank lain, pilih kode bank. Lalu, pilih rekening tujuan dan masukkan nomor virtual account. Masukkan jumlah uang yang mau Anda bayarkan. Pilih lanjutkan. Jika progres ini sukses, Anda cuma perlu memilih menu “bayar” pada aplikasi pajakpay dan proses pembayaran pajak selesai.

    Sangat gampang bukan? Sekarang Anda tidak perlu mengantre berjam-jam untuk membayar pajak. Dengan sistem online ini, harapannya tidak ada masyarakat yang terlambat membayar pajak sebab sistemnya benar-benar mudah dan cepat. Bisa dijalankan dimana pun dan kapan malah. Bagi pemerintah, sistem pajak online lebih terintegrasi dan terfokus. Segala jenis pembayaran pajak akan seketika masuk dalam cara di sentra dengan cepat sehingga lebih efektif, kencang dan efisien.