Activity

  • McNamara Faircloth posted an update 4 years, 4 months ago

    Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang cukup luas. Flora adalah hewan dan fauna ini adalah tanaman. Indonesia mempunyai banyak sekali binatang dan tumbuhan yang dapat dijumpai dengan mudah. Flora dan fauna memiliki banyak sekali jenisnya, persebaran dari fauna ini ada yang tersebar di darat, laut dan udara sepeti burung. Materi geografi komplit akan mengulas mengenai persebaran dan figur dari flora dan fauna ini.

    Yang pertama materi geografi lengkap mengenai flora. Seperti yang sudah dikenal bahwa flora yaitu semua tipe tumbuhan yang hidup dibumi. Persebaran flora di Indonesia ini dapat terbagi menjadi beberapa kawasan garis waktu Indonesia.
    materigeografi.com wilayah di bagian timur memiliki hewan seperti kupu-kupu, kasturi, Cendrawasih, burung kasuari. Hewan khas yang ada di daerah timur Indonesia ini merupakan Cendrawasih yang memang sungguh-sungguh familiar.

    Fauna yang ada di daerah Indonesia bagian barat ini seperti harimau, gajah, orang utan, macan tutul, beruang madu, merak dan ada juga badak Jawa dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada Indonesia bagian peralihan hewan atau fauna yang dapat ditemui merupakan beruang, komodo, kuskus dan masih banyak lagi hewan-binatang khas Sulawesi lainnya. Sedangkan untuk flora juga memiliki persebaran yang sama seperti fauna tersebar ke seluruh Indonesia.

    Pada komponen barat banyak dijumpai tumbuhan hijau dan berkayu. Pada Indonesia bagian timur banyak ditumbuhi rumput perdu dan semak belukar. Tanaman yang sering kali dijumpai pada Indonesia komponen timur adalah pohon beringin. Indonesia komponen tengah memiliki flora yang lebih berjenis-jenis seperti pinus dan cemara. Untuk mempertahankan flora dan fauna tentunya mesti membutuhkan usaha dalam menjaga dengan optimal.

    Salah satunya merupakan dengan membangun cagar alam untuk melestarikannya. Menjaga kelestarian hutan dengan tak menebang pohon, melakukan reboisasi atau penghijauan hutan kembali juga ialah salah satu upaya untuk mempertahankan flora dan fauna. Nah itulah tadi materi geografi lengkap mengenai flora dan fauna yang tersebar luas di Indonesia. Semoga dapat membantu bagi kalian yang membutuhkan.