Activity

  • Hjort McKinney posted an update 3 years, 11 months ago

    Untuk mengerjakan perpanjangan SIM umumnya Anda diwajibkan untuk datang ke kantor Samsat terdekat. Tetapi dengan telah adanya layanan SIM keliling yang dilegalkan oleh Polri Anda tidak perlu lagi datang Kantor Samsat. Jadwal SIM keliling bisa Anda cari tahu pada website resminya. Kecuali untuk mengetahui jam operasionalnya juga Anda dapat mengenal lokasi-lokasi tertentu yang telah diatur dimana kendaraan beroda empat layanan SIM ini berhenti untuk melayani para pemohon.

    Sekiranya dalam waktu dekat ini SIM Anda akan habis masa berlakunya usahakan secepatnya untuk seketika memperpanjang, karena seandainya tak atau Anda telat, Anda diharuskan untuk membuat SIM baru kembali seperti layaknya cara kerja dikala pertama kali Anda membikin SIM. Ini tentunya akan amat merepotkan. Untuk mengulangi hal yang sudah Anda lakukan sebelumnya cuma karena keterlambatan Anda. Karenanya dari itu kemudahan yang ditawarkan layanan SIM keliling ini salah satunya merupakan dapat dijalankan di segala wilayah di Indonesia asalkan Anda memiliki elektronik KTP juga sudah adanya sistem online.

    Ada sebagian hal yang perlu Anda observasi dan persiapkan sebelumnya sebelum datang ke lokasi layanan SIM ini. Hal yang pertama yaitu untuk selalu mengecek jadwal SIM keliling yang tersedia di kota Anda sekarang tinggal. Kemudian apabila telah mengenal jadwal dan lokasi yang diatur, usahakan Anda dapat datang paling awal jikalau Anda tidak ingin lama dalam mengantri bersama pemohon lainnya. Kecuali itu Anda sebaiknya telah mempersiapkan lebih-lebih dulu fotokopi KTP sebanyak 3 lembar dan membawa SIM lama serta alat tulis karena petugas tidak menyediakan, biasanya Anda suruh membeli. Tetapi, bila Anda tidak sempat membawanya, biasanya di dekat lokasi telah disediakan daerah untuk fotokopi.

    Kemudian sesudah Anda datang, Anda akan naik ke kendaraan beroda empat layanan serta nantinya diharuskan mendaftar terpenting dahulu dengan mengisi formulir untuk biodata pemohon dan menyerahkan fotokopi KTP tadi. Sesudah itu Anda menyerahkan lagi kepada petugas untuk nanti Anda dipanggil. Anda akan melaksanakan tes mata yang mendapat arahan petugas untuk melihat 2 angka pada sebuah kertas.
    jadwalsimkeliling.info dengan benar, Anda akan diarahkan untuk mengerjakan foto. Kemudian Anda akan diminta petugas untuk membayar tarif pembuatannya. Untuk ketetapan biayanya, SIM A dikenakan Rp 80.000, dan SIM C Rp75.000, jika merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016, tentang Ragam dan Biaya atas Variasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

    Perpanjangan SIM memang betul-betul penting dan perlu diingat Anda tak boleh sampai terlambat untuk memperpanjangnya untuk menghindari kesusahan di kemudian hari. Karena itu dengan adanya layanan SIM keliling ini sepatutnya bisa memberikan kemudahan bagi pemohon. Silakan Anda cek jadwal SIM keliling yang sedang beroperasi di kota tempat Anda tinggal kini.