Activity

  • Crowley Malling posted an update 4 years, 3 months ago

    waheedbaly.com ukur islami ataupun lagu religi mungkin tidak asing lagi ditelinga karet penikmat musik di Nusantara. Apalagi setiap bulan Ramadhan banyak musisi yang menghasilkan sebuah single bahkan album religi. Entah siapa yang memulai perumpamaan lagu religi ini sebab sudah sejak lama spesies musik itu ada. Musik religi dikaitkan dengan sebuah lagu yang menceritakan mengenai ajaran kesahan, agama, serta ke-Tuhanan.

    Sebetulnya musik kepercayaan atau lagu islami tidak suatu taktik yang baru karena pada tahun 70-an sebuah sabuk musik legenda Koes Pakai sering sekali merilis rekaman bertajuk lala serta rekaman hari natal. Hal ini merupakan petunjuk bahwa musik religi telah ada sejak beberapa dekade yang kemudian. Kaum religi juga sudah lama jadi pasar yang cukup terpendam di negeri ini, oleh karena itu tak heran musik religi hingga sekarang masih naik daun.

    Pada waktu ini tetap ada kurang lebih nama ataupun grup musik yang sedang dikenal sering merilis musik-musik religi, yakni Opick dan Grup band Gigi. Vokalis Gigi yakni Armand Maulana bahkan pernah memberikan keterangan secara jelas bahwa musik religi dalam Tanah air sedang sangat potensial.

    Armand juga menjelaskan bahwa mereka para musisi kadang menghadapi industri musik yang cukup kompleks, namun saat bulan Ramadhan, dimana masyarakat Indonesia mayoritas adalah umat muslim. Maka mereka beserta kreatif selamanya memunculkan musik religi pada bulan tersebut. tetapi lagu religi itu tidak hanya diputar di dalam bulan totok Ramadhan sekadar. karena ada beberapa lagu religi dari Gigi yang liriknya tidak terbatas di konteks islami saja, jadi bisa diputar kapan aja, salah satunya diantaranya lagu perdamaian.

    Sedangkan pikir Opick sendiri, yang dulunya merupakan vokalis penyanyi rock ini, menganggap bahwa tiada batasan pada lagu islami. Tidak harus lirik yang diangkat hanya mengangkat dengan terang-terangan tonggak Islam ataupun agama, akan tetapi bisa dengan luas dikembangkan. Seperti soal perdamaian dan kasih sayang itu semua juga termasuk musik religi. Jadi siapa sekadar dapat kian terbuka perihal musik religi.