Activity

  • Luna Gamble posted an update 5 years, 2 months ago

    Artikel kali ini akan membahas mengenai warisan leluhur yang mesti dijaga dan dirawat dengan baik oleh generasi masa sekarang. Indonesia yakni negara yang kaya bagus itu hasil alam ataupun kebiasaannya. Kekayaan Indonesia ini memang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala oleh negara lain sehingga mengundang para penjajah yang berharap merajai kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Selama ratusan tahun lamanya Indonesia mengalami penjajahan untuk menguasai kekayaan Indonesia. Oleh karena itu generasi ketika ini mengemban amanah penting dari leluhur untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia termasuk warisan kain batik.

    Banyak hal yang bisa menarik perhatian bangsa lain pada negara Indonesia.

    kain batik modern alam yang tak ternilai tersebar hampir di semua wilayah negara ini. Belum lagi kekayaan kultur yang sungguh-sungguh beragama dan unik. Indonesia menduduki peringkat ke dua di dunia sebagai negara dengan jumlah bahasa daerah yang paling banyak. Banyak sekali bahasa daerah yang ada di Indonesia dan dengan Pancasila seluruh perbedaan tersebut dapat disatukan.

    Kekayaan adat istiadat di Indonesia pun terdiri dari banyak hal baik itu dalam bentuk tarian, lagu, seni lukis, hingga kain batik. Ya batik yaitu salah satu dari sekian banyak warisan leluhur yang semestinya dijaga oleh generasi masa sekarang. Batik yang ada di Indonesia malah sungguh-sungguh bermacam-macam jenisnya, mencontoh kearifan lokal yang ada di masing-masing daerah. Pun tiap-tiap motif batik mempunyai makna dan filosofinya tersendiri bagus dan terdapat suatu cerita dari masing-masing motifnya. Sekiranya Anda perhatikan baik-baik motif batik dari setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing ada yang menceritakan perihal tumbuhan, binatang, sampai keindahan alam dengan filosofinya masing-masing.

    Warna yang ada pada batik malah berjenis-jenis, apalagi ketika ini kemajuan teknologi malahan turut memberi intervensi. Ketika ini progres pembuatan kain batik tidak memakan waktu yang lama seperti dulu sebab ada metode batik cap memakai alat. Melainkan selera orang tentunya berbeda-beda, ada yang suka batik tulis yang diciptakan secara tradisional maupun batik cap.