Activity

  • McCullough Outzen posted an update 5 years, 3 months ago

    Untuk mengenal

    arti kata dalam bahasa Indonesia gampang sekali, karena kini KBBI sudah bisa diperoleh dalam bentuk aplikasi. Sehingga ketika Anda sedang memerlukan bantuan dari KBBI, buka saja aplikasi di dalam telpon seluler, dengan seperti itu Anda dapat segera menemukan kata yang sedang dicari. Tanpa disadari, meski Anda telah mengenyam bangku kuliah, tetap masih ada beberapa kata yang ternyata salah dalam penulisan.

    Untuk itu Anda mesti mempelajari kembali beberapa kata berikut. Kata pertama yang sering kali salah penulisan ialah “dimana”. Banyak orang yang mengirimkan tulisan “kamu sedang dimana?”, walaupun itu merupakan contoh penulisan yang salah. Mengapa? sebab menurut EYD yang benar, awalan di dan ke itu harus dipisah saat menampakkan kata tempat. Jadi sebab kini Anda sudah tahu, mulailah menulis dengan bagus dan benar.

    Kemudian kata kedua yang sering kali salah ialah, kegiatan dan kesibukan. Apakah Anda tak jarang terbalik dalam menulisnya? Menurut kamus KBBI untuk kata hal yang demikian yang benar penulisannya yakni kegiatan. Jadi kesibukan itu diambil dari bahasa Inggris dengan tulisan activities. Kemudian diubah ke bahasa Indonesia menjadi aktivitas. Jadi karena sekarang Anda sudah tahu bagaimana penulisan yang benar, jangan sampai salah lagi!

    Kata ketiga, yang benar itu praktek ataukah praktik? Mungkin banyak yang merasakan aneh dikala seseorang menyebut kata praktik. Namun meskipun praktik tidak ada dalam kamus arti kata Indonesia. Penulisan yang benar adalah praktik, karena diambil dalam bahasa Inggris yaitu practice. Jadi kini tulislah dengan praktik atau malapraktik ya, bukan praktek atau malapraktek. Kata selanjutnya yang sering kali salah dalam penulisan yaitu silahkan atau silakan. Apabila Anda suruh memilih, Anda akan menulis yang mana?

    Banyak orang pasti menulis silahkan. Walaupun saat Anda membuka kamus besar Indonesia, silahkan ialah kata yang benar untuk ditulis. Malahan di dalam kamus malah tidak akan ada kata silah, sehingga tidak ada artinya. Untuk kata selanjutnya yang tak jarang salah dalam penulisan adalah, antre dan antre. Anda pasti kerap kali mengucap “memesan makanannya sepatutnya antri”. Namun antri itu tidak memiliki arti jika Anda melihat kamus KBBI. Setelah mengenal sebagian informasi di atas, langsung perbaiki penulisan Anda, budayakan menulis bahasa Indonesia yang baik dari sekarang.