Activity

  • Vinther Storgaard posted an update 4 years ago

    Diantaranya yang bettor tahu, Kingdom Hewan atau Kingdom Animalia terdiri daripada 2 keluarga besar. Keluarga pertama ialah kelompok Vertebrata yang cirinya memiliki urat belakang. Rupa kelompok tersebut memiliki 5 kelompok yang lebih kuntet lagi. Nah, kelompok yang kedua ialah kelompok invertebrata adalah spesies kelompok hewan yang tidak memiliki tulang besok. Bentuknya bermacam-macam,, ada yang lunak, tersedia yang kakinya berbuku-buku / ada yang tubuhnya berpori pori yang disebut porifera. Invertebrata sendiri memiliki 8 jenis filum yang berbeda-beda tergantung atas bagaimana tokoh hewan ityu. Kali ini, kita akan membincangkan beberapa filum yang kudu Anda tahu lebih lanjut. Berikut ialah daftarnya.

    Yang perdana ialah porifera. Hewan rupa ini punya lubang-lubang halus pada tubuhnya yang bisa dilewati sambil air. Filum ini ialah makhluk multisel yang menyimpangkan dasar dan pertama. Biasanya ditemukan dalam air, mayoritas di air laut. Untuk klasifikasi porifera sendiri berisi dari 3 kelas yaitu Calcarea, Hexactinellida, dan Demospongiae.

    Yang ke-2 adalah Coelenterata. Diambil mulai bahasa Yunani, Coilos yang artinya lubang dan enteron yang bermanfaat usus. Coelenterata sendiri adalah hewan yang memiliki tubuh berongga. Berisi dari 3 kelas, adalah Hydrozoa, Scyphozoa dan Anthozoa. Contoh terkenalnya adalah ubur-ubur

    Filum ketiga ialah filum Platyhelminthes. Nama filum tersebut diambil mulai bahasa Yunani, yaitu Platys yang bermanfaat pipih dan helminthes yang artinya cacing hati. Namanya sendiri menggambarkan sosoknya yang kadang berupa cacing tambang. Filum tersebut terbagi jadi 3 famili yaitu Turbellaria, Cestoda serta Trematoda.

    Filum yang keempat yaitu Filun Nemathelmintes. Nema sendiri diambil dari kode Yunani, Nemathos artinya adalah benang. Oleh sebab itu Nemathelmintes berisi cacing benang. Bentuk tubuhnya ialah silindris serta bersegmen. Klasifikasinya otonom terdiri mulai Nematoda & juga Nematophora.

    Di urutan kelima ialah filum Annelida. Namanya berisi dari dua kata daripada bahasa Latin, Annulus yang artinya ialah cincin. Annelida sendiri ialah nama filum bagi cacing pipih yang tubuhnya memiliki ruas-ruas layaknya sendi. Terdiri daripada tiga perenggan yaitu Famili Polychaeta, Oligochaeta, serta Hirudinae.

    Filum publikasi enam ialah filum Mollusca. Dari kaidah latin Molluscus yang artinya lunak. Atas artinya aja, sudah menggambarkan bagaimana susunan hewan berikut. Hewan itu bertubuh lembek, terkadang dapat bercangkang ataupun tidak. Terdiri dari lima kelas, adalah kelas Polyplacophora, Gastropoda, Bivalvia, Schapoda serta Chepalopoda. Rupa terkenal adalah cumi, kerang, dan kunau.

    Filum ketujuh adalah filum Arthropoda, terkumpul dari 2 kata yaitu Arthron ialah ruas & podos yang berarti sagang. Ciri khasnya adalah punya kaki yang berbuku-buku. Tersedia 5 perenggan di filum ini yakni Crustacea, Chilopoda, Diplopoda, Arachnoida, dan Insecta.

    Filum yang terakhir adalah Echinodermata. Atas kata Echinos yang berarti duri serta derma yang artinya kulit. Berarti, fauna ini memiliki kulit yang berduri. Klasifikasinya terdiri dari Ophiuroidea, Holothuroidea, Crinoide, Echinoidea dan Asteroidea.

    Nah, itulah tadi perembukan 8 filum invertebrata sedari pengertian serta
    klasifikasi porifera hingga echinodermata. Untuk filum Chordata, bakal kita teliti di saluran yang lain akur. Tetap semangat belajar.