Activity

  • McCormick Nicolajsen posted an update 5 years, 6 months ago

    Indonesia negeri yang kaya akan adat istiadat dan dibeberkan dengan beragam peninggalan sejarah. Candi Prambanan merupakan salah satu warisan kultur yang sudah diakui oleh UNESCO semenjak 1991. Selain keindahan dan kemegahannya candi ini juga menyimpan kisah klasik Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Berwisata di candi ini tak hanya soal pemandangannya melainkan juga tentang belajar sejarah.

    Dikala berwisata di candi Hindu ini Anda bisa merasakan tamasya kebiasaan. Sajian sendratari Ramayana dapat Anda nikmati. Penampilan seni drama tari yang luar lazim akan ditampilkan secara memukau oleh para pekerja seni candi ini. Pastinya akan betul-betul disayangkan dikala Anda datang ke Prambanan namun tidak menonton perhelatan tarian ini.

    Selain wisata kebiasaan, Anda juga akan disuguhkan keunikan bangunan candi yang begitu luar lazim. Relief candi yang indah terpahat dengan total. Relief-relief ini dipahat pada zaman kerajaan masa lalu. Relief-relief tersebut saling sambung menyambung sampai membuat rangkaian cerita. Salah satu cerita yang terbentuk seperti asal-usulan Candi Prambanan ini.

    Ketika membahas asal-usul Prambanan Anda pasti tak asing dengan bangunan seribu candi yang menjadi permintaan Roro Jonggrang pada Bandung Bondowoso yang ingin menikahnya. Konon peristiwa itulah yang menyebabkan munculnya seribu candi megah ini. Bandung Bondowoso hampir sukses membangun seribu candi dengan bantuan jin atau roh halus. Melainkan, Roro Jonggrang berhasil menggagalkannya dengan mengerahkan semua pelayan untuk menabuh lesung dan kokokan ayam. Cerita ini malah telah sangat melegenda sehingga banyak pula pementasan sendratari yang mengisahkan legenda ini.

    Dari segi bangunan, candi ini terbagi menjadi tiga zona. Bagian-komponen itu terdiri dari pelataran njobo, tengahan dan njeron. Pelataran njobo dibangun sebab terinspirasi dari Bhurloka yang bermakna penuh hawa nafsu. Pelataran tengah berbentuk undakan yang jumlahnya 878 candi. Pelataran njero yang terinspirasi Svargaloka yang berarti alam tertinggi paling suci.

    Itulah hal-hal menarik yang bisa Anda nikmati di

    Candi Prambanan . Candi ini benar-benar sesuai untuk studi tamasya bersama keluarga dan anak-si kecil. Sangat menyenangkan berwisata disana.